Penerimaan Mahasiswa Baru Magister Sastra Genap 2022/2023

02 nov 2022

Program Studi Strata Dua (S2) di bidang budaya dan sastra terbuka bagi lulusan semua jurusan S1 secara online. Ada matrikulasi sebelum kuliah dimulai bagi lulusan jurusan non-bahasa dan sastra. Kuliah dilakukan pada malam hari, pukul 18.30-21.00, dengan pengajar bergelar doktor lulusan dalam dan luar negeri serta praktisi. Mata kuliah wajib membekali mahasiswa menjadi pemimpin yang smart dan peduli, melakukan riset, dan mempunyai kemampuan berbahasa yang dibutuhkan dalam masyarakat dan profesi dengan waktu temput hanya dalam 2 tahun (reguler) atau 5 tahun (gelar S1 dan S2), dengan total 39 sks.

PERSYARATAN

1.       Membeli kartu pendaftaran (PAC) dan Mengisi Form Pendaftaran. Pembelian PAC (Petra Admission Code) dapat dilakukan melalui Tokopedia lewat link berikut:

petra.id/buyPAC

lalu scroll down dan pilih Universitas Kristen Petra dan untuk memilih PAC yang akan dibeli silakan klik drop down menu di bagian Select Product. Biaya PAC adalah Rp 750.000 (tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun).

2.       Setelah melakukan pembelian PAC akan diberikan nomor virtual untuk bisa login ke websites proses pendaftaran untuk mengunggah dokumen-dokumen dan data diri. Link websitenya adalah: admission.petra.ac.id 

3.       Berkas-berkas yang perlu disiapkan:

a.       Scan IJAZAH asli S-1 / S-2 (ijazah dari luar negeri yang sudah disetarakan)
b.       Scan TRANSKRIP NILAI asli
c.       Scan hasil tes kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL, IELTS, EPT)
d.       Scan IDENTITAS DIRI (KTP/SIM/Paspor)
e.       Scan AKTE KELAHIRAN dan KARTU KELUARGA (KK) asli
f.        PAS FOTO (berwarna) ukuran 3 x 4 cm
g.       Email/scan SURAT PERSETUJUAN TUGAS BELAJAR asli (dari lembaga / perusahaan tempat bekerja apabila status calon mahasiswa adalah tugas belajar / kuliah atas biaya lembaga / perusahaan)
h.       Essay (1000 kata) motivasi mengambil Program S2 Prodi Magister Sastra & Bidang yang ingin diteliti

4.       Mengikuti tes wawancara yang dijadwalkan oleh Program Studi. Keputusan penerimaan ditentukan juga dari hasil wawancara yang akan diumumkan dua minggu setelah wawancara dilakukan.

5.       Calon mahasiswa yang pendidikan S1nya berasal di luar Prodi Bahasa dan Sastra akan diwajibkan mengikuti matrikulasi sebanyak empat kali pertemuan @3 jam oleh dua dosen Prodi Magister Sastra yang ditunjuk oleh Prodi. Untuk Matrikulasi dikenakan biaya Rp 1.500.000. Keputusan perlu tidaknya mengikuti matrikulasi untuk latar belakang yang cukup dekat dengan Prodi Bahasa dan Sastra juga dipertimbangkan dari rekomendasi hasil wawancara.

6.       Keputusan Prodi mengenai diterima atau tidaknya calon mahasiswa bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PENDAFTARAN DIBUKA HINGGA 3 FEBRUARI 2023

BIAYA STUDI : Rp 40.000.000,- (Belum termasuk potongan Beasiswa)


Close